Rabu, 07 September 2011

e-Word of Mouth Positif : Interaksi Konsumen Potensial di Komunitas Online


Elemen-elemen yang digunakan mengukur e-WOM dalam penelitian ini adalah talker, topics, tools, taking part dan tracking. Ditinjau dari sudut pandang komunikasi, Talkers adalah sender yang menyampaikan pesan kepada orang lain; Topics adalah message yang merupakan pesan positif berdasarkan pengalaman yang dialami;  Tools adalah channel yang berbentuk komunitas online; Taking part adalah feedback; Tracking adalah proses evaluatif untuk melihat pemahaman receiver terhadap message yang disampaikan.  Adanya elemen feedback dalam e-WOM menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi dalam e-WOM merupakan proses interaksional karena terjadi komunikasi dua arah antara pengirim dan penerima. Namun, karena interaksi antara pengirim dan penerima terjadi di media online maka proses komunikasi yang berlansung bukan hanya antar dua individu, tetapi berlangsung dengan melibatkan lebih banyak  individu lain baik sebagai sender maupun receiver. Hal ini menjadi kontra terhadap definisi WOM selama ini yang dikategorikan sebagai komunikasi interpersonal karena ketika WOM diaplikasikan melalui komunitas online di media Internet, maka komunikasi yang terjadi sudah memasuki ranah komunikasi massa.  Menurut Walther & Ramirez (2011,p.280) meleburnya mass dan interpersonal messages menjadi implikasi dari interactive online communication yang akan menghidupkan kembali penelitian-penelitian pada siklus komunikasi terutama pada aspek tahapannya, pengulangan, serta proses terjadinya yang serentak. Sehingga diperlukan kehati-hatian dalam mendefinisikan e-WOM bahwa e-WOM bukan hanya sekedar WOM yang diaplikasikan di dalam media Internet karena ditemukan karakteristik yang berbeda diantara keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar